Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ibadah Idul Adha di Masjid Agung Lamongan dengan Protokol Kesehatan

Friday, July 31, 2020 | 18:34 WIB Last Updated 2020-07-31T11:34:52Z


LAMONGAN (DutaJatim.com) - Pelaksanaan Sholat Idul Adha, Jumat (31/7/2020) di Masjid Agung Lamongan (MAL) berlangsung lancar. Jamaah pun tertib menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Takmir.

Protokol Kesehatan yang dijalankan mulai dari wajib bermasker, jaga jarak antar jamaah, dicek suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, menyediakan kantong plastik untuk alas kaki jamaah dan mempersingkat sholat dan khutbah. 

Bertindak sebagai Imam adalah KH Abdul Aziz dan khotib oleh KH Maksum Luthfillah (Gus Maksum), ibadah dilangsungkan singkat. Dimulai jam 06.10, selesai jam 06.40.

Bupati Fadeli bersama Forkopimda juga melaksanakan Sholat Idul Adha di MAL.
Tahun ini Fadeli berkurban sejumlah 15 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Kurban ini dibagi di berbagai tempat, termasuk di MAL dan Masjid Al Azhar. Sapi terberat berbobot 750 kilogram, dan sapi lainnya rata-rata berbobot 500 kilogram.

Gus Maksum dalam khutbahnya menekankan untuk membantu yang lemah, yang kena musibah, lebih-lebih di masa pandemi covid 19. Menurut dia, Idul Adha kali ini berbeda, tanpa takbir keliling, tanpa ada pemberangkatan jamaah haji karena Corona. Dia mengajak  momen Idul Adha 1441 H  untuk menjadikan diri sebagai hamba Allah yang selalu bersyukur, menjalani aturan yang ada.

"Mari jadikan momen ini untuk menjadi hamba Allah yang bersabar, termasuk menjalankan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah. Tidak hanya di masjid saja, tapi di fasilitas umum, di pasar-pasar," pesannya.

Menurutnya, tidak melaksanakan protokol kesehatan adalah bagian dari keegoisan. Misalnya karena merasa muda dan sehat, enggan memakai masker. 

"Mari jadi hamba Allah yang memiliki kepedulian, di tengah pandemi yang berdampak pada ekonomi. Tidak layak menjadi umat Rasulullah, ketika berkecukupan tapi tidak mau berkurban," ujarnya. (ful)
×
Berita Terbaru Update