Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cegah Covid-19, Plossa Support Haul Akbar Genggong

Tuesday, August 25, 2020 | 12:39 WIB Last Updated 2020-08-25T05:40:04Z

 



PROBOLINGGO (DutaJatim.com) - Ribuan jamaah dari Probolinggo maupun berbagai daerah di Jawa Timur, Senin (24/8/2020), tumplek blek menghadiri Haul Akbar KH Sholeh Nahrawi dan Masyayikh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Probolinggo. Mereka mamadati pelantaran kediaman KH Moh. Hasan Ainul Yaqin di kompleks Pondok Pesantren Baitus Sholihin, Genggong Probolinggo.


Haul akbar kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Sebab, haul kali ini digelar pada masa pandemi, sehingga panitia pun menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu, pihak panitia haul telah menyediakan beberapa tempat pencucian tangan di beberapa titik, salah satunya di dekat pintu masuk.


Jamaah yang datang baru diizinkan masuk ke dalam lokasi haul jika sudah menjalani pemeriksaan suhu tubuh, dan dipastikan tidak sedang demam atau sakit. Selain itu, semua jamaah juga diwajibkan menggunakan masker. 


Bersamaan dengan itu, Tim LPBI NU Jatim, didampingi perwakilan PT Sari Enesis Indah menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong Probolinggo, berupa Plossa, aromatherpy inhaler untuk mencegah virus, dan Soffell, lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk demam berdarah.


Tim perwakilan LPBI NU Jawa Timur, Saiful Amin mengatakan, bantuan seperti ini akan terus disalurkan oleh LPBI NU Jatim dengan menggandeng sejumlah pihak. Mengingat kasus Covid-19 saat ini masih belum reda, begitupun penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terus naik.


“Inhaler ini salah satu penyegah dari penyebaran virus. Penggunaannya cukup dioleskan di kain masker, sehingga apa kita hirup itu bisa membuat saluran pernafasan lebih plong,” kata Amin saat menyerahkan bantuan ke dr. Mohammad Haris, M. Kes. (Gus Haris) Putra Pengasuh PonPes Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Senin (24/08/2020).


Dengan penyegahan ini, lanjut Amin, diharapkan para santri maupun ustadz bisa lebih sehat dalam menjalankan aktivitasnya mengaji. “Insyaallah, bantuan ini bisa meringankan pesantren untuk melakukan pencegahan terhadap virus dan DBD. Para santri juga bisa mengaji dengan tenang dan nyaman," terang Amin.


Hal ini juga diamini Brand Activity Executive (BAE) East Java PT Sari Enesis Indah, Minggus Hadinata. Ia mengaku siap mensupport kegiatan sosial NU Jatim untuk menyalurkan bantuan ke pesantren-pesantren NU. 


“Kalau kita pakai masker terlalu lama terkadang suka sesak. Namun dengan diolesi Plossa dengan kandungan menthol, Insyaallah nafas kita bisa lega, dan terhidar dari virus,” kata Minggus.


Tidak hanya itu, lanjut Minggus, pihaknya juga menyiapkan lotion anti nyamuk yang juga disalurkan ke pesantren-pesantren, guna menyegah penyakit DBD. “Semua ini bagian dari program CSR kami,” ujar Minggus.


Sementara itu, Gus Haris yang juga Kabiro Kepesantrenan ini mengaku cukup terbantu dengan bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan penyegah virus dan DBD ini juga akan menjadi ikhtiar pesantren dalam memberikan kenyamanan dan kesehatan kepada para pengasuh, pengurus, dan santri.


“Bantuan ini cukup berharga dan bermanfaat bagi kelurga besar pesantren Genggong, terutama dalam pencegahan virus. Terima kasih kepada PT Enesis dan tim LPBI NU Jatim atas support bantuannya” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan kepada ustadz dan santri seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. “Apapun kita ikhtiari. Mulai dari memakai masker, dan cuci tangan. Nah dengan bantuan ini, ikhtiar kita bisa lebih baik lagi,” pungkas Gus Haris. (nas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update