Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

15.539 Polisi, 5.681 TNI, 99.351 Linmas Amankan Pilkada Serentak di 19 Kota/Kabupaten, Kapolda Jatim: Patuhi Prokes!

Monday, December 7, 2020 | 11:01 WIB Last Updated 2020-12-07T04:01:01Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta memimpin langsung apel pasukan atau apel pergeseran personel pengamanan Pilkada serentak 2020 di lapangan markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jl. A. Yani Surabaya, Senin (7/12/2020).

Irjen Pol Dr. Nico Afinta mengapresiasi loyalitas kinerja anggota yang sinergi dengan Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat dalam  penanganan Covid-19 dan pengamanan pilkada mulai tahap awal hingga tahap penghitungan suara nantinya.

"Saya sangat apresiasi atas kinerja serta loyalitas para anggota yang melaksanakan pengamanan tahapan pilkada mulai awal hingga penghitungan suara nanti," kata Irjen Nico, Senin (7/12/2020) pagi.

Adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. Karena selain harus mematuhi norma dan aturan pilkada,  penyelenggara dan peserta pilkada harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan (Prokes).

Untuk itu bagi personil yang terlibat didalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020 juga harus melaksanakan protokol kesehatan dan jangan ragu untuk memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Pilkada serentak tahun ini berbeda karena bersamaan dengan Pandemi Covid-19. Sehingga, seluruh anggota yang melakukan pengamanan tetap patuhi prokes dan mengajak masyarakat agar tetap mematuhi prokes dengan cara 3-M," tambah Kapolda Jatim.

Pilkada Serentak di Jatim akan dilaksanakan di 19 Kabupaten/ Kota dan terdapat 48.607 TPS dengan kekuatan pengamanan 15.539 personel dan TNI 5.681 personel, Linmas sebanyak 99.351 personel.

Selain itu Polda Jatim akan memberangkatkan bantuan komando operasional (BKO) sebanyak 740 personel dalam rangka penebalan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS). 

Selain dalam rangka mengantisipasi kontigensi, Polda Jatim juga telah mempersiapkan, 3 satuan setingkat kompi Disamapta dan 12  satuan setingkat kopi Disamapta Satbrimob Polda Jatim yang nantinya akan ditempatkan sesuai rayonisasi.

Inspektur Jenderal Nico, mengharap Pilkada Serentak di Jawa Timur  2020 dapat berjalan aman, tertib, damai dan sehat. 

Sementara itu sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda Jatim menekankan kepada seluruh anggota yang melakukan pengamanan TPS dengan menjalin sinergitas dan kolaborasi dengan TNI, Pemerintah setempat dan Instansi terkait guna menciptakan keamanan dan ketertiban.

Kemudian seluruh anggota sesuai prosedur memegang teguh profesionalisme dan komitmen netralitas Polri.

"Lakukan deteksi dini terhadap wilayah BKO melalui analisa daerah operasi. Jangan melaksanakan segala perbuatan kontra produktif. Sikapi setiap situasi secara responsif cepat, efektif, tegas dan sesuai protap," tegasnya lagi.


Kapolda juga meminta dalam melaksanakan pengamanan tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan prokes dan tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes.

Hadir pula dalam apel pergeseran personel dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkada serentak  2020, yakni Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, Jajaran Pejabat Utama dan didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunuyodo Wisnu Andiko.(ndc)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update