Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Basmi Hama pada Tanaman Jahe Merah Gunakan Afkiran Bako

Tuesday, December 29, 2020 | 17:56 WIB Last Updated 2020-12-29T10:56:13Z

 


BANYUWANGI (DutaJatim.com) - Hama ulat dan belalang yang hinggap pada tanaman jahe merah kini bisa teratasi dengan menggunakan afkiran bako.

Seperti yang ada pada tanaman jahe merah warga Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, bernama Samsul. Saat ditemui di kebunnya Samsul mengungkapkan, saat ini untuk mengusir hama pada tanaman menggunakan afkiran bako atau biasa disebut pestisida nabati. 

Menurutnya, hal itu lebih alami karena menghindari dari pupuk kimia. Harapannya, tanaman yang ditanam gunakan pupuk organik dan pengusir hamanya juga organik sehingga bisa menjaga kualitas tanamannya.

" Afkiran bako terbuat dari daun tembakau namun sisa dari daun tembakau yang disortir oleh pabrik dan selanjutnya digiling hingga menjadi bubuk. Cara penggunaannya bisa ditabur secara langsung dan direndam mengunakan air tawar selama sehari, kemudian disemprotkan pada segala jenis tanaman apapun. Alhamdulillah hasilnya sejumlah hama tanaman bisa berkurang," ungkapnya.

Selain itu, afkiran bako tersebut juga bisa dicampurkan langsung ke media tanah dengan harapan hama jamur tidak merusak tanaman.(tyo)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update