-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Neflix Angkat Novel Karya Penulis Indonesia ke Film

Sunday, December 13, 2020 | 7:45 AM WIB Last Updated 2020-12-13T00:45:30Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Setelah sineas seperti Livi Zheng dan penyanyi semisal Agnez Mo sukses di Amerika Serikat (AS),  kini giliran penulis novel Indonesia juga go International. Novel karya Jesse Q. Sutanto bukan hanya menembus pasar internasional melalui penerbit AS,  kini bahkan segera digarap jadi film oleh rumah produksi sekaligus penyedia layanan streaming, Netflix!

Novelnya itu betajuk "Dial A For Aunties". Karya ini  bergenre drama-komedi berkisah soal diaspora Indonesia di California yang tidak sengaja terlibat dalam pembunuhan di tengah pernikahan megah ala Indonesia.


Jesse Q Sutanto sendiri tidak menyangka bahwa novelnya yang berjudul Dial A for Aunties, akan ditayangkan dalam wujud film oleh Netflix.

Kepada Voice of America Indonesia (VoA), penulis yang berbasis di Jakarta ini mengisahkan bahwa tidak mudah baginya menerbitkan novel berlatar belakang Indonesia.

Tulisan Jesse sebelumnya yang berlatar belakang Indonesia selalu ditolak penerbit luar. "Mereka kebanyakan cuma mau cerita tentang bule, gitu," ujar Jesse dikutip dari VoA, Minggu (13/12/2020).


Jesse mengatakan,  tanpa bermaksud merendahkan, bahwa penerbit di Amerika Serikat (AS) kebanyakan menganggap cerita-cerita berlatar belakang Indonesia terlalu asing.

Adapun tentang novel Dial A for Aunties yang akan diterbitkan Netflix meski tidak berlatar belakang Indonesia namun tokoh utamanya adalah orang Indonesia keturunan China dengan berbagai budaya Indonesia yang turut dia sematkan dalam alur cerita.

"Kisahnya tentang perempuan China-Indonesia yang tidak sengaja membunuh kencan butanya. Dia harus meminta tolong ibu dan tantenya untuk menyingkirkan mayat itu. Semua itu terjadi di tengah pernikahan ala Indonesia di sebuah pulau di California," papar Jesse.

Alumnus Oxford University jurusan Penulisan Kreatif itu akan menjadi produser eksekutif film sementara posisi sutradara akan dipegang oleh Nahnatchka Khan, yang terkenal dengan serial TV Netflix-nya, Always be My Maybe. (voa)

×
Berita Terbaru Update