Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden Jokowi Resmikan SPAM Umbulan, Warga Senang Airnya Bersih

Monday, March 22, 2021 | 14:35 WIB Last Updated 2021-03-22T11:36:11Z

 


PASURUAN (DutaJatim.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan Senin 22 Maret 2021.  Kepala Negara meresmikan SPAM Umbulan ini dalam rangakaian  kunjungan kerjanya di Jawa Timur.

Proyek SPAM Umbulan sendiri sudah sangat dinantikan warga di Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik yang sangat membutuhkan air bersih. 

"Alhamdulillahi robbil 'alamin SPAM Umbulan, Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan yang telah lama dikerjakan, hari ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat acara peresmian SPAM Umbulan di Pasuruan, Jatim. Acara ini juga bisa disaksikan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi mengatakan  harapan agar air dari SPAM Umbulan bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya masyarakat di daerah yang dilalui pipa air SPAM ini. Masing-masing Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Surabaya.

"Air dari sini keadaannya sudah bersih. Langsung bisa dimanfaatkan, tidak pakai pengolahan yang rumit-rumit," kata Presiden Jokowi.


Kapasitas SPAM Umbulan mencapai 4.000 liter per detik. Namun, kata Presiden Jokowi, di lapangan kapasitas yang berjalan baru sebesar 900 liter.

Artinya, masih ada 80 persen yang harus segera diselesaikan dari pipa utama hingga masuk ke rumah tangga.

"Pekerjaan besarnya ada di situ," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta hal ini segera diselesaikan, melalui rapat antara kementerian, pemda, dan kontraktor, yang harus sudah dimulai pekan ini.

Sebab jika tidak diselesaikan di lapangan, berdasarkan praktik yang dialami Presiden Jokowi, ada waduk besar dengan irigasi primer sudah disiapkan, namun untuk irigasi sekunder dan tertiernya tidak ada.


"Terus airnya sampai ke sawah lewat mana," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan dirinya akan terus menanyakan penyelesaian penyaluran air dari SPAM Umbulan ke rumah tangga, agar proyek yang telah dibangun dengan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) tersebut betul-betul bisa diselesaikan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Model pembangunan KPBU ini akan terus kita dorong tidak hanya di Umbulan saja, tapi juga untuk proyek-proyek lain sehingga beban APBN juga akan semakin berkurang dan nanti pengelolaannya justru swasta yang harus bergerak. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata Presiden Jokowi.

Acara peresmian SPAM Umbulan ini ditandai pemutaran tuas katup air dan penandatanganan prasasti. Masyarakat pun menyambut gembira adanya air Umbulan ini sebab selama bertahun-tahun sebagian di antara mereka memakai air keruh PDAM dan air tanah yang payau. 


"Baru beberapa hari ini bersih airnya. Katanya air Umbulan. Sebelumnya sangat keruh, hitam, jangankan untuk minum, untuk mandi saja tidak layak. Sekarang bersih. Bahkan ada yang pakai masak," kata Suparti, warga Bluru Permai Sidoarjo Senin siang. (gas/Ara)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update