-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dubes Al Busyra Basnur :Pemuda Harus Bekerja Cerdas dan Punya Emotional Intelligent

Wednesday, April 28, 2021 | 16:04 WIB Last Updated 2021-04-28T09:07:53Z


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - Pemuda Indonesia, baik sudah bekerja maupun akan bekerja, tentu ingin sukses di dalam karier. Berbagai jalan ditempuh, banyak cara dipelajari. Namun, dua kunci utama untuk sukses dalam karier adalah bekerja dengan cerdas dan memiliki emotional intelligent yang baik. 


Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika pada webinar “Aku Pemuda Indonesia Cerdas, Jangan Bekerja Keras, Rugi,” Selasa (27/4/2021). Acara yang dihadiri lebih 250 pemuda dari berbagai daerah Indonesia itu diselenggarakan oleh organisasi pemuda Youth Ranger Indonesia. 


Lebih lanjut, Duta Besar Al Busyra mengatakan bahwa bekerja dengan cerdas harus terencana dengan baik dan menentukan prioritas. Keuntungan bekerja cerdas antara lain hemat energi, kualitas kerja bagus dengan produk yang lebih baik, dan meningkatkan motivasi kerja.



Sementara itu, bekerja keras membutuhkan waktu lama, sering berbelit-belit, tidak langsung ke sasaran yang hendak dicapai dan hasilnya belum tentu bagus. 


“Karena itu, pemuda harus bekerja cerdas, bukan bekerja keras meskipun sewaktu-waktu dibutuhkan,” tambah Al Busyra. 


Mengenai emotional intelligent, 80 persen orang-orang sukses di dalam karir karena mereka memiliki emotional intelligent yang baik. Secara singkat, emotional intelligent adalah kemampuan seseorang mengendalikan emosi pada saat berada ditengah atau berhubungan dengan orang lain. 


Pada pertemuan itu, Al Busyra mantan aktifis pemuda yang pernah menjabat Konsul Jenderal RI di Houston Amerika Serikat itu, juga menceritakan bagaimana ia bekerja dan mengendalikan emosi di setiap perwakilan RI tempat ia ditugaskan. Al Busyra juga pernah bertugas di KBRI Manila dan KBRI Roma. (gas)





×
Berita Terbaru Update