-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sah! UAS Nikahi Santriwati Jombang

Wednesday, April 28, 2021 | 20:34 WIB Last Updated 2021-04-28T13:34:17Z

JOMBANG (DutaJatim.com) -  Ustadz Abdul Somad mengakhiri masa mendudanya dengan menikahi gadis berusia 19 tahun, Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Pernikahan keduanya  berlangsung Rabu 28 April 2021 sore. Kabar pernikahan dai yang biasa disapa UAS ini disampaikan melalui akun media sosialnya.  


"Pernikahan UAS pada 16 Ramadhan 1442H bertepatan dengan 28 April 2021 pukul 16.30 WIB," tulis UAS di Instagram miliknya. UAS pun mengunggah fotonya bersama Fatimah dan keluarga di Instagram. Tampak mereka tersenyum bahagia. Hingga Rabu malam belum diketahui pasti lokasi pernikahan mereka. Hanya saja sebelumnya sempat disebutkan di sebuah hotel di Jombang. 


Dalam foto yang diunggahnya,  Ustadz Abdul Somad memberi keterangan : " When the Prophet  congratulated a man on his marriage, he said: May Allah bless for you, and may He bless on you, and combine both of you in good (works)." 


" Dari Abu Hurairah ra, ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan ucapan selamat kepada seseorang yang menikah, Beliau mengucapkan:  "Semoga Allah memberikan berkah kepadamu, semoga Allah memberkahimu dan Allah satukan kalian berdua dalam kebaikan". (HR. Abu Daud). Pernikahan UAS pada 16 Ramadan 1442H bertepatan dengan 28 April 2021 pukul 16.30 Wib."


Kabar rencana pernikahan Ustadz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra sebelumnya diberitahukan oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Jombang, Ilham Rohim. Ilham Rohim mengatakan, dai kondang ini mendaftarkan diri untuk menikah sejak awal April 2021. Sempat disebutkan mereka akan menikah pada 20 Mei 2021 mendatang.


Fatimah Az Zahra sendiri warga Kecamatan Peterongan, Jombang. Usia santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri di Mantingan, Ngawi, itu baru genap 20 tahun pada 1 Oktober 2021 mendatang.


Bibi Fatimah, Lathifah Sholeh Barabud (46), menuturkan, Ustadz Abdul Somad datang langsung ke Jombang untuk melamar Fatimah sebelum Ramadhan atau sekitar bulan Maret 2021. Ulama asal Kecamatan Kampa, Kampar, Riau, itu hanya datang bersama timnya untuk menemui orang tua Fatimah.


Lathifah juga membeberkan asal mula Fatimah kenal dengan Ustadz Abdul Somad. Fatimah Az-Zahra saat itu tengah menempuh pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Mantingan Ngawi. Selanjutnya, kata dia, Fatimah bertemu UAS dalam sebuah acara perjodohan yang dilakukan oleh salah satu kiai dari pesantren. Setelah sepakat, UAS dan Fatimah kemudian menjalani proses taaruf.


Mahar 244 Gram Emas


Yang menarik, mahar pernikahan mereka tergolong cukup fantastis. Mahar 244 gram emas ini nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Mahar ini baru diketahui usai Fatimah datang ke KUA Peterongan, Jombang bersama ayah dan ibu kandungnya, Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52) untuk mengikuti rapak nikah. Bila berpatokan pada harga logam mulia, mahar tersebut diperkirakan mencapai Rp 213 juta.


"Mas kawin kami tanyakan ke calon istri, minta apa? Tadi disampaikan permintaannya emas 244 gram. Katanya asisten UAS, calon istri sudah ada kesepakatan dengan UAS minta mas kawin 244 gram emas," kata Kepala KUA Peterongan, Abd. Ghofur di Jalan Brawijaya Kecamatan Peterongan. 

Sebelumnya Fatimah sendiri menjalani rapak nikah di KUA Peterongan, Jombang tanpa didampingi calon suaminya. Fatimah diketahui warga Perumahan Kepuh Permai, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan.


Ilham Rohim menjelaskan bahwa dalam dokumen yang masuk di Kantor Urusan Agama setempat diketahui identitas para calon. UAS ditulis sebagai duda berusia 43 tahun . Usianya terpaut 24 tahun antara UAS dan istrinya. 


Fatimah merupakan seorang santri dari Pondok Pesantren Ma'had Al-Muqoddasah li Tahfidhil Quran, Nglumpang, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur. Dia mengenyam pendidikan di pondok pesantren sejak lulus SD (Sekolah Dasar).


Selain itu Fatimah juga disebut sebagai sosok penghafal Al Quran. Fatimah yang merupakan kelahiran tahun 2001  tercacat belum pernah menikah atau masih perawan.  UAS berstatus duda setelah resmi bercerai dari Mellya Juniarti pada Desember 2019 lalu. Dari hasil pernikahan dengan Mellya, UAS mempunyai satu anak laki-laki.  (det/nas)



×
Berita Terbaru Update