-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pengajian Akbar Lintas Alumni Lintas Sekolah Pertama di Indonesia, Sambil Reuni Ikut Membangun Pamekasan

Thursday, April 1, 2021 | 1:47 PM WIB Last Updated 2021-04-01T06:50:19Z

Al Smansa Delma--perkumpulan alumni SMA Negeri 1 Pamekasan tahun 1985-- baru saja menggelar  reuni sekaligus Pengajian Akbar Lintas Alumni dan Lintas Sekolah.  Acara ini berlangsung sukses melibatkan  peserta alumni dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Bahkan akan disusul kegiatan lanjutan. Bentuknya, aksi sosial dan ikut membangun masyarakat melibatkan para alumni.    


PULUHAN alumni dari sejumlah sekolah di Pamekasan tampak gayeng saat bertemu di acara Pengajian Akbar Lintas Alumni dan Lintas Sekolah yang digelar secara offline di Gedung Diskominfo Jl. Jokotole Pamekasan Minggu 28 Maret 2021.   Kegiatan offline terbatas hanya panitia, perwakilan sekolah yang masing-masing satu perwakilan dari alumni sekolah SMA, SMPP, SPG, PGA, SGO, STM, SMEA, dan MAN di Kabupaten Pamekasan periode  tahun 1983-2020. Selain itu, hadir pula  KH Musleh Adnan, pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatut Taklimiyah Pamekasan, yang memberikan ceramah agama. 

Sedangkan secara online dari jumlah pendaftar 700 orang yang dapat masuk ke ruang Zoom sekitar 175 orang. Selain itu juga ada lima lokasi acara nonton bareng bagi yang tidak bisa mengakses room Zoom, di mana masing-masing lokasi nonton bareng hadir rata-rata 20 orang peserta. Selain dari seluruh daerah di Indonesia, juga ada peserta dari luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Peserta luar negeri ini merupakan para alumni yang berkiprah di negeri seberang.

Karena itu, acara pengajian sekaligus reuni ini merupakan kegiatan terbesar di Indonesia yang paling banyak mengikutkan lintas sekolah dan alumni dari tahun 1983-2020.  Sebab, biasanya acara reuni hanya diikuti satu sekolah saja. Bahkan hanya satu angkatan saja di satu sekolah. 

 "Ini baru pertama kalinya di Indonesia sebuah pengajian akbar disertai agenda reuni lintas sekolah dan alumni yang dilakukan secara offline dan online. Sebuah inovasi dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dalam masa pandemi Covid-19," kata Ketua Panitia II, Juli Rumiana, saat dihubungi DutaJatim.com, Rabu 31 Maret 2021.

Acara yang berlangsung guyup gayeng itu diawali penyampaian donasi khusus untuk anak yatim piatu secara langsung berupa uang saku, sepatu, sarung, peralatan tulis menulis, dan paket snack kesukaan anak-anak. "Kami berharap para anak yatim piatu dapat ikut serta merasakan kegembiraan bersama para alumni," kata mantan penyiar radio yang akan disapa Rumi ini.

Sebelum memasuki acara inti, dilakukan pembacaan ayat suci Al Quran dan salawatan oleh qari nasional asal Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Ustadz Abdul Majid, dan acara dibuka dengan sambutan  Ketua Al Smansa Delma Drs. Ach. Faisol yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pendukcapil Kabupaten Pamekasan,  dilanjutkan sambutan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam,  secara daring dari Peringgitan Dalam Pendopo Kabupaten Pamekasan.

Setelah itu dilanjutkan kajian dan taushiyah dari KH Musleh Adnan. Dalam taushiyahnya, Kiai Musleh menekankan pentingnya sikap, iman, dan taqwa menghadapi pandemi Covid-19.  "Bagaimana kita dalam kondisi pandemi ini tetap mempertahankan sikap iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menekankan berbaik sangka kepada yang punya Dzat Maha Kuasa bahwa semua ini merupakan cobaan yang harus dilalui dengan keimanan dan ketaqwaan yang hakiki. Keimanan dan persatuan umat jauh lebih penting untuk kemaslahatan seluruh manusia," katanya.  

Para peserta reuni tampak sangat antusias saat memasuki sesi tanya jawab. Sebanyak  35 peserta mengajukan pertanyaan tapi hanya bisa dibahas 10 pertanyaan saja karena keterbatasan waktu.  Dalam kesempatan itu Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sempat menantang para alumni sekolah di Pamekasan yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri untuk memberikan sumbang pemikiran guna memajukan daerah berjuluk Gerbang Salam ini. 

Kontan saja, perwakilan alumni menyatakan siap ikut membantu Bupati membangun Pamekasan. Perwakilan alumni, yaitu Juniar Ilham, yang merupakan seorang planner tata ruang, bersama tim dari Al Smansa Delma Pamekasan, akan menghadap Bupati Baddrut Tamam untuk memberikan sumbang pemikiran berupa rencana pengembangan kawasan desa dengan pendekatan desa tematik. 

"Hal ini sesuai misi yang disampaikan Bapak Bupati Baddrut Tamam terkait pemerataan pembangunan dengan mendorong pengembangan pedesaan dan pemberdayaan masyarakat desa secara  optimal," katanya. 

Selanjutnya, acara semakin meriah dengan kegembiraan para alumni saat sesi bagi-bagi doorprize berupa 10 sarung, 10 alat rumah tangga, 40 pulsa @100 ribu dan 2 buah handphone Android terbaru.  Tiga alumni yakni  M. Fahmi yang sekarang menjabat  Camat Batumarmar, Imam Rifadi yang juga Kepala Bakesbangpol Kab. Pamekasan, dan Juli Rumiana yang tak lain Manajer Resto Daoen Bamboe, tampil memandu acara yang disertai gelak tawa para alumni tersebut.


Galang Aksi Soal

Ketua Pelaksana acara ini, M. Syamsuri, saat menutup acara  menekankan soal kebersamaan antar alumni dalam setiap kegiatan. Hal itu juga selaras dengan semboyan Al Samnsa, “Akanca’an Saterrosseh”,  bersahabat selamanya. Setelah itu dilakukan pemberian piagam penghargaan kepada para wakil alumni lintas sekolah yang hadir, masing-masing perwakilan alumni dari SMA, SMPP, SPG, SGO, STM, PGA,dan SMEA.

"Kami bangga acara ini mendapat sambutan antusias dari para alumni lintas SMA di Pamekasan. Bukan hanya SMAN 1 tapi juga sekolah lain, seperti SMEA, SGO, STM dan sekolah lain.  Yang menggembirakan, para alumni yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, dengan berbagai jabatan dan profesi, ada yang menjadi pejabat, berbisnis, atau yang lain, gayeng berkumpul dan berdiskusi, baik secara daring maupun saat bertemu di lokasi. Mereka ada yang sukses, tapi ada juga yang belum sukses.  Momen ini bisa jadi ajang saling berbagi, saling membantu sesama alumni," kata Subiantoro.

Bahkan, kata pria yang akrab disapa Pak Bin ini, panitia juga berniat membuat  tim untuk merumuskan suatu program yang akan disampaikan kepada Bupati Baddrut Tamam terkait sumbangsih apa yang bisa diberikan para alumni terhadap pembangunan di Pamekasan. Dia sendiri usul hal itu nanti bisa disampaikan dalam bentuk buku.

"Acara ini memang diinisiasi oleh para alumni SMAN 1 Pamekasan, tapi pesertanya lintas SMA. Yang hadir berbagai jabatan, lintas profesi, ada pengusaha, TNI, Polri. Kami sepakat untuk membuat kelanjutan dari acara ini. Khususnya untuk kegiatan yang bersifat sosial. Nanti akan dibentuk tim pemikir, guna menyumbangkan pemikiran kepada Bupati Pamekasan," kata pria yang sekarang menjabat  Direktur Keuangan PT Jatim Industri Harmoni yang bergerak di bidang pusat logistik berikat terkait ekspor dan impor ini. (Gatot Susanto)


×
Berita Terbaru Update