-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kampung Inggris Pare, Inilah Sejarahnya

Sabtu, 30 November 2019 | 08.28 WIB Last Updated 2019-11-30T01:29:47Z


KEDIRI (DutaJatim.com) - Nama Kampung Inggris bukan kampung yang penduduknya orang asing. Bukan desanya "londo kampung" yang ngetop di Youtube itu. Tapi merujuk pada kampung di wilayah Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang menjadi tempat kursus Bahasa Inggris dengan metode praktis pragmatis. 

Artinya, siswa yang kursus di sana disebut tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk belajar Bahasa Inggris. Kursus instan inilah yang menjadi daya tarik sehingga banyak orang mendatangi kampung tersebut untuk sinau Bahasa Inggris.

Lokasinya pun tidak sekampung, tapi hanya di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning, Desa Tulungrejo dan Desa Singgahan, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sebuah perkampungan kecil yang damai, sejuk, jauh dari keramaian kota. 

Saat ini banyak orang ikut-ikutan membuka kursus di lokasi ini. Sekitar 100 lebih lembaga kursus beroperasi di Kampung Inggris. Jumlah muridnya diperkirakan 5.000 lebih. Karena itu kampung ini seperti sudah menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia. 
Dengan banyaknya lembaga kursus tersebut maka tak heran kalau banyak orang bicara bahasa Inggris di mana-mana. Bukan hanya murid atau guru dari lembaga – lembaga kursus di sana. Tapi juga yang lain.

Kampung Inggris Pare, Inilah sejarahnya. 

Cikal bakal kampung Inggris adalah lembaga kursus bernama BEC (Basic English Course). Pendirinya penduduk pendatang bernama Pak Kallen atau Mr Kallen. Nama bule tapi wajah asli Jowo. Bule Jowo hehehe.

Saat awal berdiri fasilitas yang dimiliki sangat terbatas, karena hanya berlokasi di teras masjid yang diperuntukkan untuk anak-anak desa yang tidak bisa berbahasa Inggris. Tentu niat Pak Kallen sangat mulia sebab di zaman yang belum ada program literasi itu dia sudah memberi pembelajaran bahasa asing bagi anak-anak desa. Siapa mau meniru Pak Kallen hayo?

Selanjutnya proses belajar mengajar dilakukan juga di rumah-rumah warga hingga akhirnya memiliki gedung sendiri. 

Pak Kallen konsisten mengantarkan BEC menjadi terkenal dan lulusannya diakui kualitasnya. Hal inilah yang mengundang banyak pendatang dari banyak daerah untuk belajar bahasa Inggris di sana. Sampai-sampai tidak ada tempat lagi di BEC untuk menampung para calon murid tersebut.

Peminat membludak membuat orang berpikiran jadi peluang bisnis baru. Orang luar daerah pun membuka kursus di sini. Sebagian yang membuka kursus ada juga lulusan BEC. Lulusan BEC juga ada yang hanya mengajar di lembaga kursus yang bermunculan itu. 

Selain itu, ada juga yang buka warung, jualan bakso, dagang soto, membuka tempat fotokopi, dan lain-lain. Mereka melayani pembeli kadang memakai Bahasa Inggris. Mungkin dari sinilah asal cerita bahwa  pedagang bakso sampai jual soto pun bisa berbahasa Inggris.

Lembaca Kursus Favorit

Menurut catatan Zhul AlGray di kompasiana.com, ada 12 lembaga kursus favorit di sini. 

Pertama, ya, BEC yang didirikan pada tahun 1997 tadi. 

BEC bisa disebut merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit di kampung Inggris.  Program Belajar di BEC meliputi tiga tahap yaitu Basic Training Class (BTC) Candidate of Training Class (CTC) dan Training Class (TC) dengan durasi waktu pendidikan selama 6 bulan. Tidak seperti Lembaga kursus lainnya di kampung Inggris yang membuka pendaftaran setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali, BEC hanya membuka pendaftaran empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember, Maret, Juni dan September.

Selain itu ada ACCESS-ES (Access English School) yang didirikan pada tahun 2006. 

ACCESS-ES merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit kedua di kampung Inggris. Lembaga kursus yang terkenal dengan kelas SPEAKING dan PRONUNCIATION-nya ini telah meluluskan ribuan peserta kursus dan telah banyak menjalin kerjasama dalam pelatihan bahasa Inggris dengan Sekolah, Universitas, Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, dll.

Di sekolah, pembelajaran bahasa Inggris terlalu fokus pada tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) atau bagaimana cara mengerjakan tes, hal inilah yang membuat bahasa Inggris terasa sangat membosankan. Namun di Access-ES, Anda akan belajar bahasa Inggris dengan cara casual seperti diskusi tentang isu yang sedang hangat (baik isu dalam negeri maupun internasional), debat dengan topik tertentu, mendengarkan musik, menonton film, menyanyikan lagu rap, mewawancarai para pelajar dari lembaga kursus lain di jalan atau warung makan yang ada di lingkungan kampung Inggris.

Selain itu, Access-ES menggunakan standar Common European Reference of Framework (CEFR) untuk menjamin kualitas materi yang disajikan, didukung dengan Coaches yang ahli dan berpengalaman, serta asrama yang menerapkan metode English Area.

Dengan memadukan metode dan fasilitas di atas, anda akan belajar bahasa Inggris dengan fun, santai tetapi efektif, dan akan mampu berbahasa inggris dengan fasih, alami dan percaya diri.  INFO SELENGKAPNYA BACA DI SINI.

Selanjutnya EECC. Didirikan pada tahun 1992, EECC (Effective English Conversation Course) merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit ketiga di kampung Inggris. EECC merupakan Cabang dari BEC. Kemudian EECC mengembangkan Cabang di Kudus dan Jepara.

EECC telah meluluskan sekitar 10.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia. Kebanyakan para alumni melanjutkan study dan bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. Di antara alumni EECC ada Mr. Habib dan Mr. Kuba (pendiri MAHESA), Mrs Uun Nurcahyanti (pendiri Smart ILC), Mr. Nur Wiyono (pendiri Able and Final), Mr. Abdul Malik, S.Pd pendiri kursusan di sekitar EECC, dll.)

Program EECC di buka 4 kali setahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan November.

Ada juga HEC 1. Didirikan pada tahun 1997, HEC 1 (Happy English Course) merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit keempat di kampung inggris. Sama halnya dengan EECC, HEC 1 juga merupakan cabang dari lembaga kursus BEC. Dikarenakan HEC 1 adalah cabang resmi dari BEC maka beberapa program yang ada di HEC 1 juga seragam dengan BEC.

Bahkan juga memang dipadu-padankan dengan semua program BEC. Program yang ada di HEC 1 juga terintegrasi dengan program yang ada di BEC Pare. Sehingga siswa yang belajar dan menuntut ilmu di HEC 1 dapat transfer ke TC BEC. Info selengkapnya DI SINI.

Selanjutnya Elfast. Didirikan pada tahun 2002, Elfast English Course merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit kelima di kampung Inggris. Merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dari tingkat dasar, intermediate sampai advance. Elfast menunjukkan peranannya sebagai lembaga yang qualified dan cukup layak untuk membentuk, memperdalam, dan mengimprove bahasa english dengan rentang waktu yang relatif cepat.

Elfast tidak hanya menawarkan sebuah sistem pembelajaran yang cepat dan tepat tetapi juga pada tingkat intermediate dan advance memberikan sebuah wacana terhadap kesenjangan antara bahasa Inggris dan bahasa indonesia -- mother language -- di dalam mengadaptasikan bahasa target (Inggris) dengan bahasa sumber (Indonesia), pada point inilah dibutuhkan sebuah perubahan mindset pelajar agar secara proporsional bisa membedakan karakter antara bahasa sumber dengan bahasa target tersebut. SELENGKAPNYA BACA DI SINI.

Ada pula The Daffodils. Didirikan pada tahun 2003 oleh Dina Kristiana, S.S. Dwi Indah Wahyuni, A.Md. dan Septin Fitri Nurwulan S.S The Daffodils merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Keenam di kampung inggris. Di kampung inggris, The Daffodils merupakan salah satu lembaga kursus spesialis speaking terbaik dan terpercaya. SELENGKAPNYA KLIK DI SINI.

Nah, inilah Mahesa. Didirikan pada tahun 1997, Mahesa Institute merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Ketujuh di kampung inggris. Mahesa adalah salah satu pionir lembaga kursus bahasa di Kampung Inggris. Dengan slogan "waktu singkat, materi padat, harga memikat" Mahesa memiliki spesialisasi di pendidikan grammar, speaking dan TOEFL. Program ada yang berdurasi 2 minggu hingga 4 bulan. SELENGKAPNYA KLIK DI SINI.

Selanjutnya Kresna. Didirikan pada tahun 2004, Kresna (Kresna English Language Institute) merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Kedelapan di kampung inggris. Kresna merupakan lembaga kursus bahasa Inggris spesialis grammar. Program kursus di lembaga Kresna difokuskan untuk mempelajari English Grammar yang muaranya adalah Translation, Writing, dan persiapan untuk mengikuti test TOEFL. Selain program Grammar, Kresna juga menyediakan program kursus fokus speaking untuk dasar/pemula.

Global English juga favorit. Didirikan pada tahun 2008, Global English merupakan lembaga kursus Bahasa Inggris berbasis Asrama Intensif dengan INTEGRATED LANGUAGE SYSTEM dan dipadukan sistem pendidikan secara komprehensif, Global biasa juga dikenal dengan nama Global E atau GE.

Lembaga Global English cocok untuk siswa yang ingin belajar bahasa inggris secara umum dari dasar dan cocok juga untuk siswa yang ingin mempermantap/memperlancar kemampuan bahasa inggrisnya.

Selain itu ada Marvelous. Didirikan pada tahun 2007, Marvelous merupakan salah-satu lembaga kursus spesialis Speaking. Didirikan oleh Mr Tan yang pernah tinggal di USA (Amerika Serikat). Ciri khas Marvelous adalah gaya pronunciation American Style dan kedisiplinan dalam jadwal belajar.

Jadwal belajar dimulai jam 05.30 tepat, apabila anda telat, bersiaplah menghafalkan 20 vocabulary baru atau membayar denda.

Lalu PEACE. Didirikan pada tahun 2009, PIECE pendatang baru yang menyita perhatian pelajar di kampung Inggris. 

Dengan motto "Moving to the bright future", lembaga ini lembih memfokuskan pada penguasaan speaking serta penanaman konfiden pada setiap siswa yang belajarnya. Namun demikian, lembaga ini juga membuka program lain seperti, vocab dan Grammar. SELENGKAPNYA BACA DI SINI.

Yang naik daun adalah Mr. Bob. Didirikan pada tahun 2011. Setiap tahun kampung ini selalu melahirkan Kuda Hitam baru (Lembaga Paling Pesat Perkembangannya). Salah seorang pengelola lembaga di kampung ini mengatakan pada tahun 2010 -- 2011 kuda hitamnya adalah Global English dan The Eminence. Nah tahun 2012 gelar tersebut layak diberikan kepada Mr. Bob.

Lembaga ini juga menjadi salah satu lembaga yang dicari di Kampung Inggris. Terdapat banyak program yang dikembangkan di lembaga tersebut dengan ratusan siswa yang belajar di dalamnya. 
(kcm/kic)
×
Berita Terbaru Update