-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Habib Bahar Ditangkap Lagi karena Ceramah Tantang Penguasa

Selasa, 19 Mei 2020 | 09.13 WIB Last Updated 2020-05-19T02:13:47Z


BANDUNG (DutaJatim.com) - Aparat kepolisian dan pejabat dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menangkap lagi Habib Bahar bin Smith untuk dijebloskan lagi ke dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur pada Selasa 19 Mei 2020 dini hari pukul 02.00 WIB. Kemenkum HAM berdalih Habib Bahar melanggar program asimilasi karena ceramah mengumpulkan massa di tengah pandemi covid-19. Namun, pihak Habib Bahar menyebut, pria itu ditangkap karena isi ceramahnya mengkritik keras Pemerintah Jokowi.

"Habib Bahar dijemput oleh pihak Kemenkumham didampingi ratusan personil polisi bersenjata lengkap dari Polda Jabar," kata Aziz Yanuar salah seorang pengacara Habib Bahar.

Dia menjelaskan, kliennya itu dijemput aparat keamanan lantaran ceramahnya di tengah masyarakat yang menyinggung pemerintahan Presiden Joko Widodo. "Alasannya diduga kuat karena isi ceramah beliau malam Ahad lalu yang menyinggung dan menantang penguasa," ujarnya.

Dalam ceramahnya, Habib Bahar menyinggung kebijakan penguasa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. "Antara lain rakyat dikorbankan oleh penguasa, rakyat kecil korban penguasa dan lain lain," katanya.


Video ceramah Habib Bahar itu memang viral di media sosial twitter dan instagram. Salah satunya diposting akun jayalah.negriku. Akun ini memberi keterangan dalam video itu yang menggambarkan ceramah Habib usai bebas dari penjara.

"Ceramah Perdana Habib Bahar Smith Yang Baru Saja Bebas Karena Asimilasi. Sudah SEHARUSNYA Kementerian @kemenag_ri, Majelis Ulama Indonesia @majelisulamaid
bekerja sama dgn Kapolri memberi ultimatum kpd residivis kasus penganiayaan, Bahar Smith, untuk tidak mengulangi melakukan ceramah, kerumunan disaat pandemi, TINDAK TEGAS! Itupun kalau berani," katanya.
Postingan itu lalu menndapat tanggapan dari netizen. Salah satunya atosantoso21. "Ini ceramah kapan? Masa sih ini ceramah baru?"

Juga akun meityanitadewi: "Tangkap lagi....bsk kalau orang2 yg berkerumun pada positif corona, please pengobatannya jangan ditanggung ya...bikin rugi negara."

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith bebas dari tahanan dan menghirup udara segar dari Lembaga Pemasyarakatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu sore 16 Mei 2020.

Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar mengatakan, bahwa bebasnya kliennya tidak terlepas dari pertolongan Allah SWT dan juga dari para ulama yang mendoakannya.

"Alhamdulillah berkat rahmat Allah dan doa para ulama, habaib asatidz dan masyarakat," kata Aziz Yanuar. (hud/vvn)

×
Berita Terbaru Update